Cara Membuat Blog Agar Ramai komentar Part 1

Cara Membuat Blog Agar Ramai komentar - Semua blogger pasti menginginkan blognya banyak komentarnya. karena blog dengan komentar yang banyak menunjukkan popularitas & kualitas blog tsb cukup baik di mata google & pengunjung, walaupun kualitas suatu blog bukan hanya di lihat banyaknya komentar, tapi sekilas pandang kita pasti kita pasti beranggapan lebih bagus/menarik terhadap blog yang ramai komentar dari pada blog yang tanpa komentar

Menurut saya cara membuat blog banyak komentar merupakan hal yang mudah, asalkan kita tau cara"nya tentunya, karena tidak mungkin komentar itu masuk dengan sendirinya, pasti ada penyebab nya, nah sebab akibat inilah yang harus kita ketahui/pelajari,

Sebenarnya sudah banyak blogger yang membahas teori ini, tapi karena menurut saya masalah ini termasuk penting bagi sebuah blog, makanya saya juga ikut membahas teori yang satu ini. Tapi sebelum saya memulai pembahasan post kali ini, saya akan mengajak anda menyimak terlebih dahulu kisah & dialog 2 orang blogger ( senior vs junior) di bawah ini

Ini adalah kisah fiksi yang saya buat berdasarkan pengalaman saya semata tanpa berniat menyinggung siapapun.

Cerita ini bermula ketika pertama kali saya (junior) membuat blog. Waktu itu saya terobsesi memiliki sebuah blog setelah melihat blog seseorang (senior) yang kelihatannya sangat bagus & mendapat traffik pengunjung yang tinggi. Berbekal niat & semangat 45, saya googling di search engine, akhirnya mendapat panduan & mulai membuatnya. Setelah berkutat selama seharian, akhirnya saya pun berhasil membuat sebuah blog di blogger plus beberapa postingan. Tapi setelah beberapa hari ngeblog, ternyata hanya ada 1 atau 2 komentar saja yang masuk di artikel" yang saya buat. Pasti ada yang salah nih (fikir saya waktu itu) Sempat frustasi memikirkan solusi & hampir membuat saya patah semangat & berkeinginan berhenti ngeblog, saya teringat kembali pada seseorang(senior) yang pernah memotivasi saya untuk ngeblog,

Akhirnya saya menghubungi orang tsb dengan tujuan mencari solusi untuk blog saya yang sepi pengunjung & komentar. Lalu saya berdialog dengan dia & kira" seperti ini dialognya

1.Saya (junior) : Saya sudah berhasil membuat sebuah blog, tapi pengunjung & komentar yang masuk masih sangat sedikit, mohon kritik & sarannya dong agar blog saya bisa ramai pengunjung & komentar
Seseorang (Senior) : Saya sudah mampir di blog anda & saya yakin penyebab utama blog anda sepi pengunjung & komentar karena blog anda berat banget loadingnya.

Nah ini dia mungkin penyebabnya
Setelah menghapus beberapa widget yang tidak begitu bermanfaat lalu saya kembali menghubunginya

2.Junior : Blog saya sudah ringan, saya sudah menghapus semua widget yang tidak perlu.
Senior : Blog anda memang sudah ringan, tapi menurut saya content blog anda tidak berkualitas, ini juga merupakan faktor penyebab blog sepi pengunjung & komentar yang masuk.

Lalu setelah berfikir & bekerja keras, akhirnya saya berhasil membuat beberapa content yang berkualitas & kembali menghubunginya

3. Junior : Content di blog saya sudah berkualitas, saya yakin pasti anda mau berkunjung & berkomentar
di blog saya.
Senior : content blog anda memang sudah lumayan berkualitas, tapi anda memasang verifikasi captcha di ruang komentar yang menyulitkan saya ketika ingin berkomentar,jadi maaf saya tidak jadi berkomentar di blog anda

Lalu saya menghilangkan captcha tsb & kembali lagi menghubunginya

4.Junior : Saya sudah menghilangkan captchanya, jadi tidak ada alasan lagi nih
Senior : verifikasinya memang sudah tidak ada, tapi moderasinya membuat saya sedikit malas tuk berkomentar

Wah apalagi nih. Tapi setelah berfikir positif, saya akhirnya memutuskan untuk tidak memoderasikan komentar.  Lalu kembali menghubunginya.

Junior : Sekarang blog saya sudah ringan, contentnya juga berkualitas, tanpa verifikasi & captcha,bagaimana menurut anda !!?
senior : Maaf saya belum ingin berkomentar di blog anda, karena menurut saya, anda sebagai pemilik blog tidak ramah & tidak pernah membalas komentar pengunjung yang masuk

Wah, Ada" saja nih, Tapi karena niat & tekad saya sudah kuat untuk membuat blog yang ramai pengunjung & komentar, akhirnya saya kembali mengalahkan ego saya & mencoba menerima kritikan tersebut & mulai istropeksi diri & ternyata memang benar, saya memang sedikit tidak ramah & jarang membalas komentar" yang masuk. Saya pun mencoba bersikap seramah mungkin & segera membalas setiap kometar" yang masuk, setelah itu kembali menghubunginya

5.Junior : Saya sudah berusaha ramah & membalas semua komentar yang masuk, berarti tidak ada alasan lagi nih
Senior : Anda memang sudah ramah & mau menjawab komentar yang masuk,tapi anda tidak pernah mau blogwalking berkunjung di blog saya, jadi maaf kalau saya juga tidak ingin berkunjung & meninggalkan komentar di blog anda.

Etdah, ko ga habis" sih masalahnya. tapi ya udahlah, saya akan tetap mendengar kritikannya selama itu memang positif.  lalu saya pun mulai melakukan blogwalking & meninggalkan komentar di blog" yang saya kunjungi & setelah itu kembali menghubunginya

6.Junior : Saya sudah rajin blogwalking & meninggalkan komentar di blog orang lain termasuk blog anda, berarti tidak ada alasan lagi nih untuk tidak berkunjung & berkomentar di blog saya
Senior : Pasti, saya akan dengan senang hati meninggalkan komentar di blog anda, karena blog anda ringan,contentnya berkualitas, tanpa moderasi & captcha,ramah & rajin blogwalking. Tunggu saja, saya akan selalu mengunjungi blog anda & artikel" anda pasti akan di penuhi oleh komentar" saya ataupun komentator lainnya

Setelah kurang lebih sekitar 2 minggu saya menerima semua saran & kritikan pedasnya, akhirnya komentar pun mulai berdatangan & alhamdullillah seiring berjalannya waktu, artikel di blog saya mulai banyak komentarnya walaupun saya tidak mengerti/baru belajar SEO.,

Menurut saya, untuk blogger pemula seperti saya pasti masih sulit mengoptimasi blog dengan SEO, kalau sudah membuat blog lalu kita cuma diam saja menunggu datangnya pengunjung dari search engine merupakan hal yang sangat tidak mungkin, untuk mendapat pengunjung & komentar yang banyak (kecuali webmaster). ada baiknya sambil belajar mengoptimasi blog dengan SEO agar blog kita bisa berada di halaman pertama google kita juga harus memaksimalkan dengan belajar mengevaluasi kesalahan" yang mungkin ada di blog kita seperti membuat blog yang ringan,content yang berkualitas, ramah, ruang komentar tanpa moderisasi atau verifikasi & jangan pernah malas untuk blogwalking & meninggalkan komentar di blog yang kita kunjungi

Dari kisah & dialog di atas saya bisa mengambil beberapa pelajaran berharga. Selain bisa tau cara membuat blog ramai  komentar (walau tanpa SEO), saya sadar jika kita bisa mengalahkan ego kita & mau belajar menerima kritik & saran, akan terbuka jalan untuk bisa selalu mengevaluasi kesalahan" yang pasti ada, yang tidak akan kelihatan jika kita egois & merasa diri kita paling benar. Manusia itu gudangnya salah & khilaf, dengan menerima kritik & saranlah kita bisa mengevaluasi setiap kesalahan untuk segera memperbaikinya & menjadi lebih baik di kemudian hari

Oke sobat.
Saya rasa cukup sekian dulu pembahasannya, Untuk membahas point" dari kisah & dialog di atas akan saya lanjutkan pada part 2.

Semoga bermanfaat & Terima kasih untuk kunjungan anda


Sumber gambar Kompi Ajaib

Odhzar Jhadeya
Bisnis Affiliate Marketing

Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.