Mengenal Panti Asuhan Kristen Dorkas


Panti Asuhan Kristen
Panti Asuhan Kristen Dorkas merupakan salah satu dari sekin banyak panti asuhan kristen yang ada di wilayah ibukota Jakarta. Panti asuhan kristen dorkas ini tercetus dari beberapa tokoh dari Gereja Gereformeerd di Batavia (GKI Kwitang) pada tahun 1988. Beberapa tokoh gereja tersebut membentuk "Vereeniging Dorcas” yang bertujuan untuk menolong keluarga-keluarga miskin Indo Eropa yang pada saat itu banyak yang menetap di wilayah Batavia sekarng dikenal dengan Jakarta. Dalam perjalanannya, perkumpulan Vereeniging Dorcas ini berganti nama menjadi "Perkumpulan Dorkas" yang sampai dengan saat ini mengelola dan mengembangkan Panti Asuhan Dorkas.

Panti Asuhan Kristen Dorkas Dalam Perkembangannya


Panti Asuhan Kristen Dorkas ini beralamat di jalan K.H. Wahid Hasyim yang bernomorkan 25 Jakarta Pusat. Panti Asuhan Kristen Dorkas mulai beroperasi atau diresmikan dengan meletakkan batu pertama pada tanggal 23 Juli 1921. Panti Asuhan Kristen Dorkas ini mempunyai landasan dan asas dalam setiap kegiatannya, yaitu diambil dari Alkitab dari Injil Markus 9:37 yang berbunyi : “Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam namaKu, ia menyambut Aku. Dan barangsiapa menyambut Aku, bukan aku yang disambutnya tetapi Dia yang mengutus Aku.” Panti Asuhan Kristen Dorkas ini menampung, merawat, dan memberikan bekal untuk penghuninya baik dengan ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Penghuni panti asuhan kristen dorkas ini tidak hanya dari kalangan anak yatim-piatu saja, tetapi banyak juga memberikan bantuan untuk keluarga retak, keluarga tidak mampu, yang membutuhkan pendidikan, perawatan, perhatian dan kasih sayang. Dan sampai dengan umur 122 tahun ini, panti asuhan kristen dorkas ini tetapi setia untuk memberikan pelayanan terhadap semua kalangan yang tidak mampu yang berlandaskan ayat Alkitab. Untuk jumlah anak asuh yang dibina ada 53 orang, berusia 4 s.d 18 tahun yang mengikuti pendidikan SD dan SMP – PSKD, TK, SD dan SMP – Hati Suci, SMK Swasta (Penabur, PSKD dan Fransiskus). Mereka berasal dari wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, beraneka ragam suku dan keadaan.

Visi Dan Misi Panti Asuhan Kristen Dorkas


Panti asuhan kristen dorkas ini selain mempunyai landasan dari Alkitab, mereka juga mempunyai tujuan dalam membangun dan mendirikan panti asuhan kristen ini. Semuanya itu ada dalam visi misi panti asuhan kristen dorkas yang tercantum antara lain


Visi :
Menjadi Panti Asuhan terbaik di DKI Jakarta dan berpartisipasi dalam mendidik tunas bangsa yang tercecer menjadi manusia Indonesia yang berkualitas, bermartabat, berhati-nurani dan beriman teguh kepada Tuhan yang Maha Esa.

Misi :
Menyediakan tempat tinggal yang nyaman dan sehat.
Menyediakan segala macam perlengkapan sekolah.
Memberi makanan yang sehat dan bergizi.
Memberi pendidikan formal di sekolah-sekolah kristen yang baik.
Memberi pendidikan rohani di GKI Kwitang.
Memberi bimbingan psikologis.
Memberi bimbingan kewira-usahaan ( entrepreneurship ).

Demikian artikel yang membahasa tentang panti asuhan kristen dorkas, semoga dengan membaca artikel ini dapat mampun menggerakkan hati Anda untuk dapat lebih peduli dengan sesama. apuy

Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.