Basic CSS


Apa kabar Gan, nie blog baru ane. nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Basic CSS.  nah udah pada kenal pa belum yang namanya CSS, CSS adalah kepanjangan dari Cascading Style Sheets. gunanya untuk membuat style pada suatu web yang kita buat. nah dalam CSS akan lebih singkat dan simpel, karena kita bisa membuat satu style saja yang bisa kita tampilkan ke beberapa tag di file web yang kita buat. dan penempatanya ada 3 cara, yaitu:
  1. langsung di tulis di dalam tag <head></head>, cara meletakkan kode CSS dengan di tulis di dalam kode <style type="text/css"></style>
  2. dengan cara di tulis langsung di tag yang ingin kita edit style nya, contoh: <div style="#"></div> # yang akan kita edit nantinya dengan menggunakan bahasa CSS.
  3. membuat file CSS sendiri, menurut saya ini cara yang paling simple untuk membuat file website yang banyak tapi dengan 1 style saja. caranya dengan mebuat file berformat (dot)CSS , dan kita menaruh link/letak file CSS yang kita simpan dengan cara menaruh tag <link href="css\style.css" rel=stylesheet type=text/css> di dalam tag <head></head>. yang saya beri warna merah adalah tempat file CSS yang kita buat.
cara penulisan bahasa CSS, systemnya adalah block. jadi kita akan membuat style langsung mengeblok dari beberapa tag yang kita buat seperti fungsi nomer 3. cara penulisannya:
  1. pengunaan kode # pada awal style, seperti contoh:

    #menu{
    background-color: chocolate;
    }

    pada kode # ini, CSS akan membaca di tag <div id="menu"></div>. pada penggunaan atribut id ini tidak boleh ada id yang sama, jika ada id yang sama maka stylenya akan sama pula.
  2. penggunaan kode dot (.), contoh:

    .empty{
    text-decoration: none;
    }

    nah, disini pada kode dot (.) adalah bahasa CSS mengambil di tag <div class="empty"></div>. penggunaanya hampir sama dengan id, tetapi agak fungsinya.
  3. tanpa tanda, contoh:

    p{

    }

    nah, disini tidak ada tandanya. maka semua tag yang menggunakan tag <p></p> stylenya akan sama semua.
  4. langsung menggunakan turunan, contoh:

    #menu .empety{
    color: blue;
    }

    nah, enak nya CSS gitu. kita langsung bisa buat style yang sama dengan beberapa atribut id atau class untuk membuat style yang sama. 
penggunaan CSS dot (.) dan dan # tergantung pada style yang akan di buat. kalau id atau # biasanya untuk membuat style suatu paragraf, sedangkan dot (.) biasanya buat list yang berbeda dari list yang lain. tapi kedua kode ini hampir sama kegunaannya kalau di pikir-pikir. saya hobi mengganti CSS website orang lain untuk belajar, dengan menggunakan browser mozilla firefox tambahan add-ons editro CSS. seperti ini:



sekian dari artikel Basic CSS, kalau ada waktu saya akan sambung lagi.

Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.