Cara Aman Menggunakan Obat Nyamuk


Obat nyamuk memang efektif menghindarkan kita dari gigitan nyamuk. Namun jika obat nyamuk itu “Ada zat-zat yang bisa bikin penggunanya timbul alergi setelah memakai obat nyamuk lotion,” katanya. Akan tetapi, jika tidak ada zat yang bikin alergi dan membuat iritasi, maka bisa saja digunakan.


Menurut dr. Fachry, bau-bauan pada lotion antinyamuk membuat nyamuk tidak mau mendekat. “Jadi, obat nyamuk lotion tidak mengandung racun untuk nyamuk. Aromanya saja yang dibutuhkan untuk mengusir nyamuk,” jelasnya.

Kendati obat nyamuk lotion tidak mengandung racun, produk tersebut bisa berbahaya bagi tubuh penggunanya. Ini karena seluruh bahan kimia, baik berbentuk lotion, cairan, maupun krim akan terserap kulit dan masuk ke dalam pembuluh darah.

“Terjadinya penyerapan bahan kimia inilah yang membahayakan tubuh, kalau komposisi lotion tersebut mengandung bahan berbahaya,” ujar dr Fachry. Namun sepanjang tidak ada bahan yang mengiritasi dan membuat alergi, produk obat nyamuk lotion seharusnya aman digunakan setiap hari.

Jika dibandingkan obat nyamuk semprot atau obat nyamuk bakar, obat nyamuk lotion mungkin adalah pilihan yang lebih tepat. Sebab, produk obat nyamuk semprot dan bakar bisa berbahaya bila terhirup dan masuk paru-paru kita, terutama anak-anak.

Jika mempunyai anak masih dalam perkembangan, kata dr, Fachry, sebaiknya hindari penggunaan obat nyamuk semprot atau bakar. “Apabila terhirup anak, dapat menyebabkan iritasi saluran napas, alergi/asma, empysema (pengempisan paru-paru) sampai ke radang paru-paru (pneumonia),” tegasnya.

Agar aman menggunakan obat nyamuk, berikut kiat dari dr. Fachry:

- Oleskan obat nyamuk lotion di bagian yang biasa digigit nyamuk saja, seperti tangan dan kaki. Segera cuci bersih dengan air mengalir setelah pemakaian.

- Jangan oleskan obat nyamuk lotion di wajah, daerah kelamin, dada, atau perut.

- Untuk penggunaan obat nyamuk semprot, sebaiknya tidak langsung masuk kamar setelah disemprot. Tunggu sekitar 15 menit setelah penyemprotan, barulah masuk kamar.

- Obat nyamuk bakar sebaiknya tidak dinyalakan saat kita tidur lelap. Karena pada saat tidur lelap, paru-paru kita butuh banyak oksigen untuk kebutuhan tubuh.


 Mari kita mulai dari lotion antinyamuk. Dokter Fachry Albram mengonfirmasi, obat nyamuk lotion memang belum tentu aman. Sangat tergantung dari komposisi kandungnya.


berbahaya bagi nyamuk, apakah tidah berbahaya juga bagi manusia?
- Khusus kamar anak-anak sebaiknya hindari penggunaan obat nyamuk semprot apalagi obat nyamuk bakar.

Ketimbang menggunakan produk yang berisiko, ada baiknya menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah banyaknya nyamuk. Berikut tips terbaik untuk menghindari nyamuk.

- Bersihkan kamar sesering mungkin.

- Berikan ventilasi yang baik pada kamar. Buka jendela saat pagi dan siang. Tutup jendela saat menjelang sore.

- Bersihkan genangan air di sekitar rumah, termasuk saluran air. Kuras bak mandi secara teratur. Tutup seluruh wadah/kaleng di lingkungan rumah yang berpotensi menjadi tempat genangan air.

- Gunakan kelambu saat tidur, ini jauh lebih aman dan sehat.
sumber: yahoo.com

Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.