Cara Mengatasi Diare Pada Anak

DIARE seringkali mudah menyerang anak saat hujan seperti belakangan ini. Untuk itu, lakukanlah penanganan yang tepat agar penyembuhan lebih cepat.

Ya, diare memang rentan pada anak kecil. Hal ini karena proses kekebalan tubuh mereka belum sempurna, terutama bagi anak yang masih dibawah umur setahun. Seperti yang diketahui diare terjadi karena adanya  bakteri parasit dalam usus hingga menggangu pencernaan Untuk itu, mengambil penanganan awal seperti mengonsumsi air, makan makanan yang sehat dan cairan oralit sangat penting, agar bisa mempercepat penyembuhan pada anak.

“Penanganan awal bila anak Anda terkena diare ialah banyak mengonsumsi air minum. Hal ini karena biasanya dampak diare membuat anak dehidrasi, dan minum air itu berguna agar cairan tubuh tetap stabil. Kemudian juga mengonsumsi cairan rehidrasi oral atau obat sirup herbal pada anak, setiap kali anak buang air besar,” kata tutur  Dr. S. Djokomuljanto, MMed (Paeds) SpA.  Dokter Spesialis Anak saat diwawancarai Okezone dalam acara yang bertema Peluncuran ' Antangin Junior' Untuk Atasi Gejala Masuk Angin Pada Anak, di Restoran Kembang Goela, Jend. Sudirman-Jakarta, Rabu 24 April 2013

Ia menambahkan, setelah intensitas buang airnya menurun, anak harus diberikan asupan makanan yang mengandung gizi dan vitamin, khususnya vitamin C. Hal ini penting agar daya tahan tubuhnya meningkat dan pemulihannya lebih cepat. Sementara, bila anak itu masih berumur satu tahun bisa diberikan ASI (Air Susu Ibu) untuk pemulihannya.

Sementara bila tinja dari diarenya sudah berdarah dan dehidrasi terus menerus, ia menyarankan untuk segera ke dokter untuk mendapatkan obat efektif dan sesuai penyembuhan untuk anak. (ind) (tty)
sumber: okezone.com

Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.