Asah Keterampilan Tampil di Depan Umum


Akhir pekan biasa dimanfaatkan orang untuk beristirahat. Tak banyak yang meluangkan waktunya untuk berkumpul dan belajar. Maklum, mereka telah lelah bekerja lima hari penuh di kantor.
Namun, berbeda dengan anggota dari Komunitas Senang Bicara (yang sebagaian besar merupakan pekerja kantoran). Mereka berkumpul untuk saling menginspirasi.

Misalnya yang terjadi pada sebuah Sabtu beberapa waktu lalu. Komunitas Senang Bicara mengadakan pertemuan (yang disebut dengan Kongkow Senang Bicara) di sebuah restoran. Kegiatan ini dimulai dengan saling berbagi cerita dari setiap orang yang hadir tentang masalah yang mereka hadapi ketika tampil di depan umum.

Nila Kresna sebagai pendiri membuka acara. Dia membenarkan bahwa salah satu ketakutan terbesar yang umum terjadi (dan mungkin terjadi pada diri kita sendiri) adalah berbicara di depan orang banyak. “Sering kali tidak mengambil kesempatan tampil dan mengasah keterampilan berbicara di depan umum hanya karena rasa tidak percaya diri, takut gagal dan takut diejek” katanya.

Berdasarkan hal tersebut, Nila (sehari-hari bekerja sebuah perusahaan telekomunikasi) membentuk komunitas ini. Dia meluangkan waktunya untuk saling berbagi hal yang disenanginya ini. Berikut ini kiat mudah berbicara di depan banyak orang:

1. Tanamkan rasa percaya diri
Buang semua pikiran negatif bahwa kamu akan merasa dipermalukan ketika berada di depan umum. Bangun kekuatan dalam diri dengan mengendalikan rasa takut dan stres saat tiba-tiba kamu diharuskan menjadi MC pada sebuah acara di kantor. Ingatlah, tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk tampil dan dikenal oleh banyak orang.

2. Saling berbagi pengalaman
Kamu merasa belum cukup puas dengan kemampuan berbicara disertai dengan bahasa tubuh yang kamu miliki. Tak masalah, berkumpul dengan orang-orang yang juga ingin mempelajari serta berbagi ilmu dan pengalaman akan menjadi guru terbaik untuk kamu.

3. Latihan di berbagai kesempatan
Jangan pernah menolak tawaran saat kamu mendapat kesempatan untuk tampil di depan umum. Mulai dari presentasi di depan kelas, memandu acara di kantor hingga menjadi pembicara yang mampu menginspirasi banyak orang. Perbanyaklah pengalaman kamu dengan memperbanyak jam terbang.

4. Tampil apa adanya
Setelah kamu mendapatkan rasa percaya diri yang cukup terkontrol. Yakinlah bahwa hanya kamu yang mengerti dan mampu menguasai dirimu sendiri. Hindarilah usaha kamu untuk menjadi orang lain apalagi menggunakan kata-kata yang kamu pikir akan lucu. Berusahalah untuk tampil layaknya dirimu sendiri.

Usai penampilannya, setiap anggota komunitas yang hadir juga diberi kesempatan untuk ikut tampil. Mereka membawakan tema yang tertulis pada kertas yang diambil pada gelas berisikan gulungan-gulungan kertas dengan tema berbeda. Kemudian, mereka diharuskan untuk membawakan tema tersebut dengan spontan.

Sebagai wadah tempat berlatih, buat kamu yang senang berbicara di depan umum, Komunitas Senang Bicara akan menjadi kesempatan untuk bertemu dengan beragam macam orang dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda. Inilah tempat bagi siapa pun yang ingin berlatih sebagai MC, presenter ataupun pembicara dan berbagi ilmu.

Tak perlu keluar jutaan rupiah untuk mengikuti kursus public speaking. Di komunitas ini kamu hanya perlu meluangkan waktu dan Rp 80 ribu sebagai pengganti biaya konsumsi untuk setiap kali pertemuan yang diadakan setiap bulan.

Website: http://www.senangbicara.com/ 

Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.