Asal Usul Hari H

Sesaat setelah menerima broadcast di grup yang menyebutkan Hari H untuk suatu event tertentu, saya tiba-tiba teringat, saya sering pakai istilah Hari-H tapi tidak pernah tahu asal-usulnya. Saya cuma berpikir sekilas bahwa H = Hari, tapi mengapa Hari H ? Kan sama dengan "hari Hari?"

Setelah riset singkat di Google saya mendapatkan artikel tentang Hari H. Ternyata hari H berasal dari istilah Bahasa Inggris yang disebut dengan D-DAY. Apa sebenarnya D-Day ini ?


D-Day (Hari-H) ternyata adalah istilah militer dalam Bahasa Inggris yang digunakan sebagai hari dimulainya penyerangan atau operasi militer. D-Day digunakan karena hari yang dimaksud belum diketahui atau masih dirahasiakan. D-Day paling terkenal adalah peristiwa tanggal 6-Juni-1944 saat dimulainya pertempuran Normandia, pada saat itu tentara Sekutu berencana membebaskan Eropa dari kekuasaan Nazi Jerman selama perang dunia ke-2.

Nah, akhirnya saya paham juga istilah hari H ini, meskipun penggunaan Hari H bukan lagi menunjuk kepada suatu hari yang rahasia, tetapi menunjuk kepada suatu kejadian istimewa seperti Hari Raya keagamaan, Hari Libur Nasional, Acara pernikahan, Rapat besar dan sebagainya.

Semoga pemahaman ini berguna ketika kita memakai istilah Hari-H

-->


Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.