Penyakit Akibat Kurang Tidur, Begadang atau Insomnia dan Tips Mengatasinya

Penyakit Akibat Kurang Tidur, Begadang atau Insomnia dan Tips Mengatasinya --->

Insomnia atau susah tidur di malam hari merupakan salah satu penyakit yang pada umumnya di alami para remaja. Hal ini dapat terjadi karena kebiasaan begadang, atau terlalu lama tidur di siang hari. Namun jika berlangsung dalam waktu yang panjang akan berakibat menurunkan kondisi fisik kesehatan anda. umumya mata merah, badan menjadi lesu, stamina menurun, daya tahan tubuh melemah dan susah berkonsentrasi. Lebih- lebih lagi ternyata para ilmuan baru- baru ini menyatakan bahwa Insomnia dapat menyebabkan beberapa pernyakit kronis seperti kerusakan pada hati.


Mengapa bisa demikian??? inilah jadwal kerja hati pada malam hari :

Malam hari pk 21.00 – 23.00:
Adalah pembuangan zat-zat tidak berguna / beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Malam hari pk 23.00 - dini hari pk 01.00:
Saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas

Dini hari pk 01.00 – 03.00:
Proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur

Dini hari pk 03.00 – 05.00:
De-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran

Pagi pk 05.00 – 07.00:
De-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

Pagi pk 07.00 – 09.00:
Waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 04.00 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.
Bayangkan pada saat anda tidak tidur maka hati anda akan sulit dalam melangsungkan aktivitas- aktivitas di atas untuk menyeimbangkan kondisi dalam tubuh anda dan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kerusakan pada hati anda.
Waktu beristirahat :
1. Bayi baru lahir berusia 2 bulan membutuhkan tidur 10,5 sampai 18 jam.
2. Bayi 3 bulan sampai 11 bulan membutuhkan tidur 9 sampai 12 jam dan ditambah dengan tidur siang.
3. Anak usia 1 sampai 3 tahun membutuhkan tidur 12 sampai 14 jam.
4. Anak usia 3 sampai 5 tahun membutuhkan tidur 11 sampai 13 jam.
5. Anak usia 5 sampai 12 tahun membutuhkan tidur 10 sampai 11 jam.
6. Anak remaja membutuhkan tidur setidaknya 8,5 sampai 9,5 jam.
7. Dewasa membutuhkan tidur 7 sampai 9 jam.

Jagalah kondisi kesehatan anda dengan tidur cukup dan jangan biasakan diri untuk begadang terutama anak- anak dan remaja sangat tidak baik karena masih dalam proses tumbuh kembang tubuh dan pikiran terlebih bergadang adalah kegiatan yang sangat tidak baik. Terkecuali bagi mereka yang harus bekerja atau mencari nafkah di malam hari ya apa boleh buat. Tapi bukankah Allah SWT menciptakan siang dan malam dimana siang di pergunakan untuk beraktivitas dan bekerja sedangkan malam adalah waktunya beristirahat.
Dan bagaimana bagi mereka yang terlanjur bersahabat dengan Imsomnia berikut ada beberapa tips untuk melawan penyakit tersebut:
1. Yang pertama walaupun anda tidur larut malam atau bahkan dinihari paksakan diri untuk bangun pagi sekitar pukul 5 atau 6 dengan cara stell alarm, "kalau ngaak gua gak!!!! yakin tuh bisa bangun jam segitu". hehe....

2. Cobalah untuk mulai beraktifitas sesuai dengan kegiatan anda sehari- hari.

3. Tahanlah diri untuk tidak tidur siang karena itu merupakan salah satu penyebab mata anda menjadi segar dimalam hari.

4. Jam tidur efektif bagi remaja atau dewasa adalah pukul 22.00-23.00 malam, Namun bagi sang Insomnia ini masih terlalu awal untuk tidur karena mata masih segar dan melek sana- sini. Usahakan tidur pada jam- jam ini.

5. Untuk bisa tidur pikiran harus dalam keadaan tenang, lupakanlah sejenak hal- hal yang mengganggu dan menjadi beban pikuran anda. Apabila tetap masih banyak pikiran yang mengganggu anda coba dengan sambil mendengarkan lagu- lagu yang anda suka dengan headphone atau speaker stel dengan suara yang rendah karena jika nyaring justru akan menyebabkan refleks otak melalui indera pendengar anda.

6. Biasakan mematikan lampu karena dalam kondisi bercahara urat saraf akan tegang karena respon dari cahaya lampu itu sendiri. sebaliknya dalam kondisi gelap urat mata berada dalam kondisi normal tanpa ada ransangan.

7. Setelah mendengarkan playlist anda dan dalam keadaan gelap cobalah mengingat apa saja yang membuat anda bahagia atau tenang. mungkin ingat si dia, apa yang telah anda alami tadi, kemarin atau bayangkanlah sesuatu yang paliang anda harapkan. pokoknya sesuatu yang bisa membuat anda hati anda damai dan tenang. karena lama kelamaan daya imajinasi anda akan meningkat dan merangsang alam bawah sadar untuk bereaksi pada diri dan pikiran anda sehingga tanpa anda sadari anda telah tertidur bersama khayalan itu yang kadang berlanjut menjadi mimpi indah.
Mulailah hidup sehat dengan tidur teratur..

Biasakan mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda serta minimal minum 8 gelas atau 2 liter air putih perhari

Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.