Makanan yang Sehat Disaat Berpuasa

Makanan yang Sehat Disaat Berpuasa --->

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan adalah merupakan suatu kewajiban untuk umat Islam, tentunya dalam bulan Ramadhan pola makan yang biasa dilakukan dalam bulan sebelumnya sangat berbeda dan ini bisa mengakibatkan kondisi badan kita sedikit mengalami perubahan. Sehingga dapat juga mengganggu aktifitas kita dalam sehari-hari. Untuk mengatasinya kita harus pintar-pintar memilih menu makanan yang baik dan sehat yang bisa memenuhi asupan gizi bagi tubuh kita selama seharian berpuasa.

Di dalam bulan Ramadhan, ada sebuah aktifitas yang tidak boleh dilewatkan yaitu melakukan sahur pada waktu dini hari. Disamping disunatkan dalam ibadah puasa juga merupakan sebagai pengganti kita sarapan pagi pada bulan2 selain bulan Ramadhan. Seperti halnya sarapan, sahur sangat diperlukan untuk mengimbangi zat gizi yang tidak diperoleh selama sehari kita melaksanakan puasa.

Untuk makanan sahur, sebaiknya pilihlah makanan2 yang mengandung serat dan berkuah, yang terdapat pada sayur-sayuran dan buah. Dengan banyak makan makanan yang mengandung serat dan kuah, maka insyaAllah tubuh kita akan terasa segar bugar dan badan kita tetap prima. Selain itu juga sahur dapat mengurangi rasa haus dan lapar disaat menjalankan puasa disiang harinya.
Begitu juga disaat pada soree harinya, kita akan melaksanakan buka puasa, pilihlah makanan-makanan yang memenuhi unsur gizi yang diperlukan tubuh kita yang meliputi beberapa zat gizi yaitu, karbohiderat, vitamin, protein, mineral, lemak dan air. Pormulasikanlah makanan-makanan yang akan kita makan itu sehingga asupan pada tubuh kita benar-benar seimbang dan tidak berlebih-lebihan.
Ada beberapa jenis makanan yang sangat baik bagi tubuh kita agar tetap fit dan bugar ketika berpuasa, diantaranya adalah :
1. Madu
Dari banyak penelitian, madu mengandung karbohirat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya, bila dibandingkan dengan telur ayam, susu ataupun daging. Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori, atau 1000 gram setara dengan 50 butir ayam atau 5,675 liteer susu atau setara dengan 1.680 gram daging. Maka sangatlah jelas dalam AlQuran Allah berfrman dalam surat An-Nahl yang berbunyi, “Dari perut lebah itu keluar cairan dengan berbagai warna, di dalamnya terdapat kesembuhan”

2. Kurma
Zat gula yang terkandung di dalam kurma, berbeda dengan zat gula yang terdapat pada buah-buahan lainnya, seperti gula tebu dan gula pasir. Yang mana zat gula pada selain kurma sebelum menjadi glukosa harus dipecahkan terlebih dahulu oleh enzim yang terdapat pada tubuh kita. berbeda dengan kurma yang langsung diserap dan tidak memerlukan proses seperti itu.
Sementara itu, berkat zat besi dan kalsium yang terdapat pada kurma, seseorang dapat terhindar dari penyakit jantung dan diabetes, begitu juga dengan potasium yang ada dalam buah kurma sangat berguna untuk mengatasi stress, sembelit dan lemah otot.

3. Kismis
Rasulullah Salallahu alaihi wasalam pernah bersabda dalam salah satu riwayatnya, “Barang siapa memakan kismis merah sebanyak 21 biji setiap hari sebelum sarapan pagi, ia tidak akan tertimpa sakit kecuali kematian”.
Dan Imam Ali juga bernah berkata, “Kismis dapat menguatkan jantung, menghilangkan penyakit, menghilangkan panas, dan memulihkan kesehatan.
Rasa manis yang terdapat pada kismis adalah merupakan gula alami yang memiliki nilai glikemik cukup tinggi sehingga mudah diserap menjadi gula darah dalam tubuh kita. Tetapi disarankan untuk tidak mengkonsumsi kismis secara berlebihan, hal ini tidak lah baik terutama untuk penderita diabetes.
4. Semangka
Buah Semangka dapat menghilangkan rasa haus dan panas, menyembuhkan tenggorokan yang kering, membantu memperlancar buang air kecil. Juga kandungan air dan kalium yang tinggi dalam buah semangka dapat menetralisasikan tekanan darah. Dan bagi orang yang sembelit atau orang yang kecanduan dengan alkohol dapat diatasi dengan memakan buah yang satu ini.
5. Ubi Jalar merah
Di dalam ubi jalar merah terdapat banyak vitamin yang diperlukan bagi tubuh kita, selain vitamin A, vitamin C dan vitamin E, juga terdapat banyak vitamin B6 (piridoksin), yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Dengan rajin memakan ubi jalar merah, maka tubuh kita dapat membantu memperbanyak sel anti body (sel pelawan penyakit). Karena didalam ubi jalan merah ini mengandung senyawa antioksidan yang paling komplit.
6. Suplemen (Multivitamin)
Suplemen sangat baik untuk menambah kekurangan gizi yang belum didapatkan dari makanan dan minuman yang kita makan. Tetapi, disarankan untuk memilih suplemen yang baik, banyak sekali suplemen yang dijual dipasaran tetapi tentunya kadar gizi dan vitamin yang terkandung di dalamnya belumlah cocok untuk kita. maka alangkah sebaiknya kita beerkonsultasi kepada dokter pribadi kita. Agar Suplemen yang kita konsumsi benar-benar cocok dan tidak menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan.
Dari berbagai sumber.


Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.