Cara Membuat Blog Agar Ramai Komentar Part 2

CaraMembuat Blog Agar Ramai Komentar
Cara Membuat Blog Agar Ramai Komentar Part 2 - Setelah pada post sebelumnya saya sudah membahas Cara membuat blog agar ramai komentar Part 1, pada post kali ini saya akan kembali melanjutkan post tersebut dengan post cara membuat blog agar ramai komentar Part 2.

Seperti yang sudah saya bahas pada Part 1, bahwa ada beberapa point penting yang sebaiknya kita perhatikan dalam upaya membuat blog agar ramai komentar.

Point" tersebut adalah.

1. Buat loading blog menjadi ringan.
2. Buat konten yang berkualitas
3. Jangan persulit pengunjung dengan moderasi & verifikasi captcha
4. Bersikap ramah & membalas komentar yang masuk
5. Lakukan blogwalking sebanyak mungkin

Oke mari kita mulai saja membahas point" tersebut satu/satu.

1. Buat loading blog yang ringan.

Loading sebuah blog sangat mempengaruhi banyak atau tidaknya pengunjung yang akan mampir di blog kita.. Tak bisa di pungkiri, di jaman yang serba praktis seperti sekarang ini, Mendapatkan akses yang serba cepat sangat di butuhkan oleh banyak orang, begitu juga bagi pencari informasi di internet.Mereka pasti menginginkan akses yang cepat..

Lalu jika kita mempunyai sebuah blog & ingin berbagi informasi agar bisa di akses oleh pengguna internet, maka sebaiknya berikan juga akses yang cepat menuju blog kita dengan membuat blog yang ringan..

Dari (pengalaman sebagai pengguna) & beberapa riset yang saya lakukan, ternyata kita para blogger hanya di beri waktu beberapa detik saja oleh pengguna internet dalam mengakses web/blog kita.. Jika dalam waktu beberapa detik tersebut mereka (termasuk saya) tidak mendapatkan akses dari lokasi yang di tuju, bisa di pastikan mereka yang notabene adalah calon pengunjung akan menutup blog kita & berpindah ke blog lain. Artinya kita telah kehilangan kesempatan mendapatkan pengunjung.

Untuk membuat blog yang ringan, sebaiknya hapus saja widget" yang tidak bermanfaat.

2.Buat konten yang berkualitas

Dalam sebuah blog, konten merupakan hal yang sangat vital dalam upaya menyampaikan informasi. Karena konten ini lah inti dari informasi yang ingin kita sampaikan agar bisa di terima dengan baik.

Content is the King atau Konten adalah Raja adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan situasi ini.. artinya konten dalam sebuah blog memang harus selalu di nomer satukan oleh kita para blogger.

Jika di ibaratkan sebuah restorant, konten itu merupakan makanan dalam daftar menu. Jika restorant tersebut menyediakan makanan yang lengkap, fresh,original dan enak, tentunya pengunjung yang datang akan merasa senang & puas menikmati hidangan tersebut & kemungkinan besar pasti akan ketagihan & kembali datang lagi untuk menikmati hidangan" lainnya.

Begitu juga halnya dengan sebuah blog, jika kita bisa memberikan konten yang berkualitas untuk pencari informasi di internet, pasti pengunjung akan merasa senang & puas karena mendapatkan informasi yang bermanfaat buat mereka & otomatis mereka akan kembali lagi membaca konten" kita yang lainnya & artinya mereka bisa menjadi pengunjung setia blog kita..

Lalu seperti apakah ciri" konten yang berkulitas..

Menurut saya konten berkualitas adalah konten yang..

1. Original ( tidak copy paste)
2. fresh (berisi informasi terbaru & terhangat)
3. Jelas & Mudah di fahami (baik itu tentang info, tips & trick atau pun panduan secara tutorial)
4. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik & benar
5. Bermanfaat

3. Jangan mempersulit pengunjung dengan moderasi & verifikasi captha

Sangat di sayangkan, jika kita yang telah bersusah payah melakukan optimasi untuk mendapatkan pengunjung, lalu ketika pengunjung itu datang & ingin berkomentar tentang konten yang kita buat, tapi kita malah mempersulit mereka dengan memasang moderasi & verifikasi captcha..

Untuk penggunaan moderasi mungkin dalam beberapa hal memang masih ada manfaatnya (menghindari komentar spam) Tapi jika tujuan awal kita adalah memperbanyak komentar yang masuk, lebih baik fokus terlebih dahulu dengan tujuan tersebut, lagian jika masuk juga komentar spam, toh kita masih bisa menghapusnya di kemudian.

Yang terpenting adalah bagaimana tujuan awal kita tercapai terlebih dahulu. Jika tujuan awal kita telah tercapai dengan banyaknya komentar& masuk, kita bisa kembali memasang moderasi jika memang kita merasa dirugikan oleh banyaknya komentar yang bersifat spam.

Dari beberapa riset yang pernah saya lakukan, pengunjung yang berkomentar ternyata mendapatkan kepuasan yang lebih tinggi jika komentarnya bisa langsung terlihat tanpa tanpa perlu menunggu persetujuan dengan moderasi terlebih dulu..

Jadi alangkah baiknya jika memang tujuan awal kita adalah membuat blog agar ramai komentar & memberi kepuasan kepada pengunjung, lebih baik jika kita tidak memasang moderasi (lihat perkembangannya terlebih dulu)

Jika untuk moderasi masih ada manfaatnya, tapi untuk verifikasi saya rasa tidak ada manfaatnya sama sekali & hanya membuat pusing & sulit pengunjung yang ingin berkomentar saja.

Saat ini pengguna internet sudah sangat banyak yang menggunakan perangkat seluler (smartphone, ipad, blackberry ataupun handphone biasa & jadul) yang notabene layarnya lebih kecil (sangat kecil) dari pada komputer. Bisa kita bayangkan dengan layar yang kecil tsb, lalu harus melewati kode verifikasi captcha yang ngejelimet akan sangat mempersulit pengunanya..

Dari pengalaman saya sendiri ketika menghadapi situasi yang demikian, saya akan langsung menutup blog tersebut tanpa ingin berkomentar lagi & lebih memilih mencari blog lain yang lebih memudahkan saya dalam berkomentar .Artinya blog tersebut telah kehilangan 1 orang pengunjung yang ingin berkomentar & itu akan  terus terjadi secara berulang apabila blog tersebut masih tetap memakai kode verifikasi captcha di blognya & akan kehilangan banyak calon pengunjung yang mestinya berkomentar.

Jika di ibaratkan sebuah restoran, ketika kita ingin masuk ke dalam restorant tersebut untuk menikmati hidangan yang sediakan, tapi di pintu masuknya kita harus terlebih dulu melewati ketatnya penjagaan satpam berbadan besar dengan tampang seram plus kumis melintang & harus melalui berbagai macam  pertanyaan & persyaratan yang bikin nafsu makan kita hilang duluan, saya rasa kita pasti merasa malas untuk masuk & mengunjungi kembali restorant tersebut & akan lebih memilih restorant lain yang tanpa harus melewati penjagaan yang sulit & berbelit.

Karena pada dasarnya kita manusia pasti lebih memilih cara yang lebih mudah & tidak suka di persulit dengan segala macam aturan yang sebenarnya tidak perlu.. Selain itu jika memang ada cara yang lebih mudah, kenapa juga harus kita persulit..

Jadi saran saya, alangkah baiknya jika kita tidak memasang verifikasi captcha di blog kita agar mempermudah pengunjung dalam berkomentar & pengunjung tidak merasa di persulit oleh kita..

4. Bersikap ramah & membalas semua komentar yang masuk

Bersikap ramah juga merupakan point penting yang harus kita perhatikan dalam beretika, baik di dunia nyata & tidak terkecuali di dunia blogging sekalipun..

Kita pasti akan merasa senang jika saat mengunjungi sebuah restoran lalu di sambut dengan senyum ramah dengan kata" yang baik & menyenangkan dari pada harus di sambut dengan kata" jutek dengan muka yang kusut. Lalu akan lebih menyenangkan lagi, ketika kita keluar dari restoran tersebut, kita masih di hargai dengan pemberian kata" terima kasih..

Jadi sudah merupakan kewajiban untuk kita pemilik blog agar bisa selalu bersikap seramah mungkin dengan pengunjung. layani pengunjung dengan ramah layaknya seorang raja. Karena hakikatnya tamu adalah raja bagi kita tuan rumah yang baik. Buatlah pengunjung yang notabene adalah tamu merasa senang & di hargai dengan sikap ramah kita..

Membalas komentar yang masuk, mungkin bagi sebagian blogger masih banyak yang tidak melakukanya, sebenarnya ini bukan masalah yang besar juga sih, karena penting nggak penting juga membalas komentar yang masuk, semuanya sangat tergantung bagaimana kita memandangnya saja, jika kita merasa hal itu tidak penting & merasa hanya membuang buang waktu saja, kita pasti akan malas & tidak akan pernah mau melakukannya, tapi bagi saya yang merasa itu hal yang penting, saya akan terus melakukanya.

Kalau menurut saya, membalas komentar yang masuk itu termasuk hal penting dalam upaya kita berinteraksi dengan pengunjung & berdiskusi membahas content yang kita buat dari sudut pandang yang mungkin saja berbeda, mungkin saja ada hal" penting yang terlewatkan oleh kita & perlu di ingatkan/tambahkan oleh pengunjung tentang konten tersebut, ataupun ada pengunjung yang masih kurang mengerti dengan isi konten tersebut & bertanya tentang sesuatu hal, dengan membalas komentar yang masuk kita bisa langsung berdialog dengan mereka tentang hal" tersebut.

Selain itu membalas komentar yang masuk merupakan salah satu upaya kita untuk menghargai pengunjung & mereka pasti lebih senang jika komentar yang mereka sampaikan di tanggapi dengan baik oleh kita pemilik blog & jika pengunjung telah merasa senang dengan tanggapan baik dari kita, kemungkinan besar mereka akan dengan senang hati untuk kembali berkunjung & berkomentar lagi di konten" kita selanjutnya. Selain itu membalas komentar yang masuk juga bisa membuat kita menjadi akrab dengan pengunjung.. Jika sudah akrab, pasti akan terjalin ikatan persahabatan & akan saling berkunjung. Artinya kita telah mempunyai pengunjung tetap & pembaca setia yang akan selalu berkomentar dikonten" yang kita buat.

5. Selalu blogwalking & meninggalkan komentar di blog yang kita kunjungi

Point terakhir ini, merupakan point terpenting & hukumnya wajib bagi seorang blogger, karena banyak sekali manfaat luar biasa yang bisa kita dapatkan dari blogwalking.

Beberapa manfaat blogwalking tersebut adalah.

1. Mendapatkan backling gratis.

Saat kita berkomentar & memasukkan nama & URL di kolom komentar yang tersedia, secara otomatis kita telah mendapatkan 1 backling yang mengarah ke blog kita, artinya semakin banyak kita berkomentar, semakin banyak juga backling yang akan kita dapatkan.

Tapi dalam hal ini kita juga harus mengikuti aturan yang di buat oleh pemilik blog tersebut, sebaiknya hindari menaruh link hidup di ruang komentar yang terbukti sangat di benci oleh pemilik blog bersangkutan. Karena jika kita melanggar, kemungkinan besar pemilik blog akan menghapus komentar kita karena di anggap komentar spam yang merugikan mereka.

Menurut saya dengan memasang nama & URL di kolom komentar yang di sediakan, telah menciptakan backling untuk kita tanpa harus memasang link hidup. Jadi sebaiknya, patuhi & ikuti aturan" yang berlaku di dunia bloggging jika ingin blogwalking & mendapatkan backling.

2. Mendapatkan kunjungan balik.

Dengan melakukan blogwalking & meninggalkan jejak dengan berkomentar di blog lain, kemungkinan besar kita akan mendapatkan kunjungan balik, baik dari pemilik blog tempat kita meninggalkan komentar atau pun dari pengunjung blog tersebut yang ikut membaca komentar kita..

Ilustrasinya begini saja, Jika anda ingin mendatangkan 10 orang pengunjung/hari di blog anda, lakukan saja blogwalking di 10 blog orang lain/hari atau jika anda ingin mendatangkan 50 atau 100 pengunjung/hari, tinggal blogwaking aja di 50 atau 100 di blog orang lain ( sesuai keinginan & kemampuan anda)  Dengan kata lain, anda bisa menentukan sendiri seberapa banyak jumlah pengunjung yang ingin anda datangkan. 10 pengunjung/hari, 100 pengunjung/hari atau 1000 pengunjung/hari pun bisa, asalkan anda mau & mampu melakukan blogwalking sesuai jumlah pengunjung yang ingin anda datangkan.

Untuk langkah awal lakukan saja blogwalking sebanyak 10x/hari di 10 blog yang berbeda (hanya 1 jam kerja) secara rutin selama 1 bulan.  Dalam 30 hari atau selama 1 bulan berarti anda telah melakukan blogwalking sebanyak 300x di 300 blog berbeda & saya berani menjamin anda akan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa seperti point" yang telah saya tulis.

Tapi ada beberapa point penting juga yang sebaiknya anda perhatikan saat melakukan blogwalking & berkomentar, agar bisa mendapatkan tanggapan yang baik & positif dari pemilik atau pengunjung blog tempat anda berkomentar, misalnya dengan membuat komentar yang cukup bagus/menarik sesuai topik atau artikel yang akan anda komentari. Jadi sebaiknya anda baca dulu artikelnya dari awal sampai habis sampai anda memahami maksud dari artikel tersebut..

Lalu sebaiknya hindari juga berkomentar dengan kata" pendek & singkat (hanya 1 atau 2 kata) seperti pertamax, nice info, nice artikel, dan kata" yang menggambarkan komentar yang tidak berkualitas. Karena siapa pun bisa menulis komentar singkat seperti itu tanpa perlu membaca artikelnya sekalipun & hal tersebut hanya akan menjatuhkan citra & kredibilitas anda saja. efeknya komentar anda tidak akan di tanggapi dengan baik oleh pemilik blog.

Usahakan juga membuat komentar yang agak panjang & berkualitas sesuai dengan artikel, agar pemilik & pengunjung blog tersebut terkesan dengan komentar anda & akan berfikir (komentarnya saja bagus apalagi artikelnya) efeknya anda pasti akan lebih bagus & anda akan mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog atau dari blogger lain.

3. Mendapatkan banyak teman

Istilah banyak teman banyak rejeki memang benar adanya.. Dengan rajin melakukan blogwalking anda akan mendapatkan banyak sekali teman baru & tentu saja itu merupakan sesuatu hal yang sangat menyenangkan. Karena selain mendapatkan pengunjung setia untuk blog anda, dengan mempunyai banyak teman pasti banyak juga manfaat lain yang bisa anda dapatkan.

4.Mempererat tali silaturrahmi.

Bersiluraturrahmi merupakan hal penting yang sebaiknya juga anda lakukan, tidak hanya di dunia nyata, di dunia blogging pun demikian. Dalam islam sendiri pun,sangat di anjurkan sekali untuk selalu bersilaturrahmi. Baik itu dengan teman, saudara atau dengan orang yang baru anda kenal sekalipun. Karena hakikatnya, kita sesama muslim itu adalah saudara.

Dengan sering nya anda melakukan blogwalking & mengunjungi blog teman atau orang lain, sama saja anda telah bersilaturrahmi & akan terjalin ikatan tali silaturrahmi yang kuat di antara sesama blogger.

5. Sebagai ajang promosi.

Saat anda selesai membuat blog atau artikel, pasti belum ada yang mengetahui keberadaan blog atau artikel yang anda buat. Anda lah yang harus mempromosikannya agar blog & artikel anda di ketahui oleh banyak orang. karena sebagus apapun desain blog atau artikel yang anda buat kalau orang lain tidak ada yang mengetahuinya, percuma saja semuanya.

Dengan rajin melakukan blogwalking anda telah berkesempatan mempromosikan blog anda agar di kenal oleh bloger lainnya. semakin banyak yang mengenal blog & artikel anda, maka semakin populerlah blog & artikel anda tersebut & itu akan berdampak sangat baik untuk meningkatkan Page Rang & menurunkan angka Alexa juga tentunya.

6. Mendapatkan Ilmu & Inspirasi.

Saat anda melakukan blogwalking dengan membaca artikel di blog yang anda kunjungi, otomatis anda mendapatkan tambahan ilmu baru sesuai dengan artikel di blog tersebut. baik itu berupa tutorial, tips & trick atau pun info" lainnya. Yang jelas itu merupakan ilmu yang sangat bermanfaat tentunya.

Atau saat anda melihat lihat blog yang sedang anda kunjungi, anda akan mendapatkan banyak ide/masukan untuk membuat blog anda menjadi lebih bagus & menarik seperti blog yang anda kunjungi. Baik itu dari template, widget atau pun desain blog tersebut, yang mungkin bisa anda contoh dari sisi positifnya. Yang jelas anda akan mendapatkan banyak sekali ide/inspirasi dari blogwalking yang anda lakukan.

Oke sobat. Saya sudahi sampai disini  pembahasan cara membuat blog agar ramai komentar Part 2

Baca juga tips & trick lainnya di artikel
1. Cara Membuat Blog Agar Ramai komentar Part 1
2. Cara Meningkatkan Traffik Dengan Link Building
3. Cara Mendapatkan Traffik dengan Google Keyword Tool
4. Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Semoga bermanfaat & saya ucapkan terima kasih untuk kunjungan & komentarnya jika anda berkenan menambahkan sepatah dua kata terkait konten Cara membuat blog agar ramai komentar Part 2 ini


SumberGambar burukutuk.com

Odhzar Jhadeya
Bisnis Affiliate Marketing

Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.