Penting Dalam Membeli Mobil


Membeli Mobil
Membeli sebuah kendaraan dalam hal ini membeli mobil bukan perkara yang mudah, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Tidak hanya faktor internal, faktor eksternal juga patut dipertimbangkan agar dikemudian hari tidak menyesal ataupun tidak merasa terbebani setelah membeli mobil nanti. Faktor internal dalam membeli sebuah mobil anatara lain pendapatan setiap bulan, banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulan, dan masih banyak lagi faktor internal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil.

Mengatur Pendapatan Sebelum Membeli Mobil

Bukan hanya itu pendapatan bulanan menjadi hal yang paling penting dan harus diperhatikan sebelum beli mobil. Pendapatan bulanan harus diatur sedemikian rupa agar Anda bisa hidup nyaman, tanpa banyak beban. Sekaligus juga memastikan bahwa masa depan Anda, pasangan, dan anak akan terlindungi. Lalu, bagaimana sebaiknya persentase gaji bulanan Anda dibagi?

Faktor Penting Sebelum Membeli Mobil

Kalau dilihat dari pembagian tersebut, maka biaya perawatan mobil masuk kebutuhan sehari–hari dengan persentase 60 persen. Tapi ingat 60 persen itu adalah untuk seluruh biaya kebutuhan sehari -hari. Jika gaji Anda Rp 10 juta, maka 60 persennya adalah Rp 6 juta rupiah. Dari Rp 6 juta, anggaplah hanya 10 persen yang bisa dikeluarkan untuk biaya perawatan ken­daraan. Yaitu sekitar Rp 600 ribu per bulan atau dalam 1 tahun adalah Rp 7,2 juta. Seperti yang dikemukan oleh praktisi bisnis dan keuangan Godo Tjahjono, SE, M Si, RFC, berikut pengeluaran atau biaya beli mobil yang dibutuhkan untuk mobil antara lain adalah :

Biaya Perawatan.
Perawatan mobil sangatlah penting, pastikan Anda mampu merawat mobil yang sudah dipilih dengan benar. Jika memang ada komponen yang sudah harus diganti, maka ganti­lah dengan suku cadang yang asli dan jangan diakali agar mobil Anda tetap selalu dalam kondisi prima. Salah satu perawatan mobil secara rutin yang dilakukan adalah servis pergantian oli, filter, dan beberapa komponen mobil yang sudah aus.

Bahan Bakar.
Bahan bakar yang dikonsumsi harus sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Ba­han bakar yang sesuai untuk mobil tahun 2000 ke atas adalah bahan bakar yang mempunyai oktan minimal 92. Harga satu liter bahan bakar dengan oktan 92 saat ini adalah Rp 9.950 – 10.200 tergantung merek bahan bakarnya.

Pastikan Anda memilih mobil dengan kapasitas mobil dan konsumsi bahan bakar yang Anda mampu. Banyak orang yang memaksakan dengan membeli mobil dengan kapasitas mesin yang besar, namun tidak mampu mengeluarkan biaya untuk membeli bahan bakar yang sesuai. Sehingga mobil diisi oleh bahan bakar dengan oktan di bawah 92 yang pada jangka panjang akan merusak mesin mobil.

Pajak Kendaraan.
Pajak kendaraan adalah hal yang mutlak harus dikeluarkan bagi setiap pemilik kendaraan. Untuk besaran pajak ini tergantung pada jenis kendaraannya dan tahun kendaraan tersebut dibuat oleh pabrik. Pengeluaran wajib tiap tahunnya bagi Anda yang memiliki mobil. Namun terkadang ada yang suka terlambat membayar pajak mobil karena berbagai alasan, salah satunya adalah masalah dana. Sesuaikanlah pendapatan Anda dengan pajak kendaraan yang harus dibayar.

Demikian informasi seklias tentang hal penting membeli mobil, semoga dapat bermanfaat. apuy

Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.