Redakan Nyeri Dengan 6 Makanan Terbaik

Fitnes memang mengasikkan, namun bagi sebagian orang bisa mengakibatkan nyeri pada keesokan harinya. Rasa nyeri pada otot setelah latihan biasa disebut dengan Delayed Onset Muscle Soreness(DOMS).


Biasanya hal ini terjadi akibat melakukan lathan intensitas tinggi seperti angkat beban atau sprint, sehingga jaringan otot mengalami luka kecil akibat latihan tersebut. Nah, saat pemulihan luka tersebut, jaringan otot akan menyembuhkan diri sehingga Anda akan mengalami DOMS. Proses ini biasanya terjadi satu hari setelah latihan.
Dalam kondisi tertentu, DOMS dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan terkadang cukup membuat Anda malas untuk berlatih lagi. Oleh karena itu, diperlukan langkah yang tepat untuk mengurangi nyeri akibat DOMS. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi 6 makanan berikut ini:
  1. Sereal Gandum
    Sarapan sereal gandum sebelum berolahraga memang sangat baik, tetapi Anda juga dianjurkan kembali mengonsumsi sereal gandum setelah berolahraga. Kandungan karbohidratnya bisa membantu menghilangkan rasa lelah dengan cara mengembalikan pasokan glikogen yang berkurang atau habis saat berolahraga. Ini sangat penting dalam mengembalikan pasokan energi setelah olahraga demi menghindari rasa kantuk.
  2. Buah Ceri
    Buah ajaib ini memiliki banyak kandungan zat anti-inflamasi yang mampu meredakan nyeri otot Buah ini juga kaya antioksidan anthocyanin yang bermanfaat membantu penyembuhan. Beberapa atlet justru sering memakan kue tar ceri sebelum olahraga untuk menghindari nyeri berlebihan. Selain itu, konsumsi juga buah ceri segar dalam bentuk minuman jus.
  3. Kacang
    Semua jenis kacang memiliki kandungan tinggi vitamin E yang memiliki kelebihan dala mengembalikan tenaga otot, melawan nyeri otot, dan mengobati cedera jaringan otot. Mengonsumsi makanan kaya vitamin E seperti kacang akan membantu mengembalikan kekuatan otot dan menjaga kondisi tubuh saat olahraga selanjutnya.
  4. Buah Beri
    Raspberry memiliki kandungan antioksidan polifenol yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari cedera. Selain bisa mengurangi rasa nyeri otot, berry juga bisa melindungi cedera-cedera sel lainnya yang bisa berakibat kanker. Secara umum, semakin gelap warna buah berry menandakan semakin banyaknya kandungan antioksidan, misalnya pada blackberry dan blueberry.
  5. Ikan
    Ikan secara umum memiliki kandungan utama protein dan asam lemak esensial. Asam lemak ini mampu membantu mengurangi peradangan dan melawan nyeri otot. Jika tidak begitu menggemari ikan, Anda bisa coba mengonsumsi suplemen minyak ikan sebagai alternatif.
  6. Telur
    Telur, termasuk juga kuning telur, kaya akan protein dan vitamin D yang mampu melawan nyeri otot dan membantu pertumbuhan otot. Kekurangan vitamin D merupakan salah satu kondisi yang paling banyak diderita. Kandungan kalori kuning telur merupakan kalori yang baik karena menghasilkan vitamin D dan protein. Namun sebaiknya batasi konsumsi kuning telur untuk menjaga kadar kolesterol tubuh dan rajinlah minum susu rendah lemak yang diperkaya vitamin D.
Imbangi dengan istirahat yang cukup agar proses pemulihan bisa berjalan optimal. Selamat mencoba!
Sumber: duniafitnes.com

Blog Archive

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Mengecilkan Perut All Rights Reserved.